Studi Non Formal Ala Ramadan, HMJ SPI UIN SMH Banten Gelar Kegiatan SPI Mengkaji.

  • Whatsapp

Sabdanews.net, Serang Raya –  Himpunan Mahasiswa Jurusan Sejarah Peradaban Islam (HMJ-SPI) menyelenggarakan kegiatan diskusi dan kajian seputar ramadhan secara daring atau disebut SPI Mengkaji selama bulan ramadhan. Diskusi dan kajian ini diselenggarakan empat kali dalam satu bulan dan diselenggarakan pada akhir pekan.

 

Bacaan Lainnya

Dalam diskusi tersebut, dibagi dalam empat tema khusus yakni, minggu pertama membahas tentang Sejarah Bulan Ramadan yang langsung disampaikan oleh Dr. Maftuh Ajmain, M.Si via virtual sebagai dosen UIN SMH Banten. Pada Minggu kedua, tema yang dibahas yaitu berkenaan dengan Fiqih Seputar Ramadan yang disampaikan langsung oleh Dr. H. Mohammad Shofin Sugito, M.A. pada minggu ketiga, tema yang dibahas adalah tentang Nuzulul Qur’an oleh Agus Dzawafi Ali, M. Fil. Pada minggu terakhir, yaitu berkenaan dengan Lailatul Qadar yang disampaikan oleh Hafidz Taqiyuddin, M.A.,Hk.

 

“Dengan masuknya bulan Ramadan, kita sebagai umat muslim sudah mestinya terus melatih diri, salah satunya dengan melatih nalar intelektual sebagai refleksi diri di bulan Ramadan. Kegiatan SPI Mengkaji ini diselenggarakan untuk terus menjaga daya nalar keilmuan kita sebagai umat muslim dan juga sebagai bentuk menjaga ketakwaan kepada Allah Swt.”, Tandas Fahmi Idris selaku Ketua Pelaksana SPI Mengkaji saat diwawancara tim sabdanews. Minggu, (02/05/2021).

 

Senada dengan pernyataan di atas, Naufal Fawwaz Dzaki, Ketua HMJ SPI UIN SMH Banten menegaskan bahwa sebagai generasi muslim tidak boleh lelah dalam menuntut ilmu di manapun, kapanpun dan siapapun.

 

“Dalam menuntut ilmu kita tak kenal di mana kita harus berada dan siapa yang menyampaikan. Jika kita meminjam kalimat Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara bahwa semua tempat adalah sekolah dan tiap orang adalah guru. Kiranya hal itu cukup bagi kita untuk terus menuntut ilmu di manapun dan kapan pun kita berada”, ujarnya.

 

ASR

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *