Mahasiswa KKN Tematik UPI 2021 Kenalkan Aplikasi Edit pada Guru di TKN RA Kartini

Mahasiswa KKN Tematik UPI 2021 Kenalkan Aplikasi Edit pada Guru di TKN RA Kartini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on tumblr

Sabdanews.net, Pandeglang – Untuk memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian, Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2021 dengan tema Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi.

KKN merupakan sarana belajar yang tepat bagi mahasiswa untuk melatih dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya (IPTEKSBUD) yang diperoleh di bangku kuliah untuk diterapkan dalam memecahkan masalah-masalah yang ada di masyarakat.

Program yang dijalankan oleh salah satu anggota kelompok 6 KKN Tematik UPI 2021 yaitu Program Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dengan melakukan kegiatan penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran di TK/PAUD dengan sasaran minimal 2 orang guru.

Penguatan pembelajaran daring harus dimaksimalkan guna mengefektifkan pembelajaran di sekolah. Membuat media pembelajaran yang menarik dapat menjadi motivasi agar anak dapat belajar dengan nyaman, dan tidak membosankan selama masa Pandemi Covid-19.

Melalui berbagai aplikasi edit, salah satu mahasiswa kelompok 6  KKN TEMATIK UPI 2021 membuat suatu pelatihan serta pengenalan aplikasi Canva dan CapCut sebagai aplikasi edit video maupun gambar untuk memperkuat penggunaan media pembelajaran daring kepada guru di TKN RA Kartini Majasari Pandeglang-Banten.

Pengenalan serta pelatihan aplikasi edit dilakukan pada Rabu, (07/07) di TKN RA Kartini yang diikuti oleh 2 orang guru dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat.

Kegiatan pelatihan dimulai dengan memberikan penjelasan tentang keunggulan pemakaian aplikasi tersebut, kemudian penayangan video berupa tutorial penggunaan aplikasi edit kepada guru. Dan di akhir kegiatan, guru mencoba langsung aplikasi tersebut dengan membuat media pembelajaran yang menarik sesuai keinginan.
Aplikasi Canva dapat digunakan guru dalam membuat poster pembelajaran dan aplikasi CapCut dapat digunakan dalam mengedit video pembelajaran untuk anak. Dua aplikasi tersebut dipercaya dapat membantu guru dalam membuat materi pembelajaran agar lebih menarik dan beragam.

“Alhamdulillah senang sekali bisa diajarkan langsung oleh teteh-teteh dari UPI,” tutur bu yati seorang guru di TKN RA Kartini.

Para mahasiswa peserta KKN Tematik UPI 2021 berharap para guru tetap selalu  memberikan motivasi serta materi pembelajaran yang menarik dengan mengenalkan aplikasi edit sebagai langkah awal dalam penguatan pembelajaran daring.

 

Penulis: Wahyu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mari inspirasi dunia dengan pandangan brilianmu bersama Sabdanews!