Tumbuhkan Minat Baca Anak, Mahasiswa KKM60 Uniba Bangun Gerakan Donasi Buku

Tumbuhkan Minat Baca Anak, Mahasiswa KKM60 Uniba Bangun Gerakan Donasi Buku

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on tumblr

Sabdanews.net, Pandeglang – Universitas Bina Bangsa (UNIBA) Banten menggelar Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) terhitung sejak tanggal 14 Juli 2021 sampai 29 Agustus 2021 yang tersebar di beberapa kota dan kabupaten di Wilayah Provinsi Banten.

Kuliah Kerja Mahasiswa adalah suatu kegiatan wajib yang memadukan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Kelompok 60 KKM UNIBA  meluncurkan Gerakan Donasi Buku sebagai bagian dari peningkatan semangat membaca anak-anak. Gerakan ini terbuka bagi seluruh elemen masyarakat, baik mahasiswa, pelajar ataupun masyarakat pada umumnya umum yang hendak mendonasikan buku untuk dijadikan tambahan koleksi Taman Pintar Desa Kalang Gunung.

Menurut Sendi Arifin, Ketua Kelompok 60 KKM Uniba Taman Pintar ini berusaha untuk memberikan layanan dan memenuhi kebutuhan bacaan masyarakat dengan menyediakan koleksi serta kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan wawasan masyarakat. Untuk mewujudkan peran dari Taman Pintar, Taman Pintar harus terus berupaya melakukan inovasi kegiatan secara aktif. Tidak hanya itu, masih menurut Sendi, Taman Pintar dituntut untuk melakukan kegiatan tersebut secara rutin dan berkala agar dapat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat.

“Sebuah gagasan bagus yang dilakukan oleh KKM Universitas Bina Bangsa Kelompok 60 dalam mendorong semangat membaca anak-anak dengan melibatkan semua elemen. Biasanya di antara kita memang memiliki beberapa buku yang sudah pernah dibaca. Nah, Buku yang pernah dibaca atau sudah tidak dibaca lagi bisa didonasikan ke Taman Pintar Desa Kalang Gunung Kecamatan Cipeucang Pandeglang,” tutur Wisnu Wibowo, Kepala Desa Kalanggunung.

“Taman Pintar ini juga nantinya dikelola oleh rekan-rekan remaja, ya swadaya masyarakat saja untuk mengembangkan potensi yang ada, masih banyak fasilitas tambahan yang kami butuhkan, Rak buku dan buku, meja baca dan cat untuk memperindah Taman Pintar, tempat sudah tersedia dan sangat bagus, tinggal fasilitasnya saja yang kurang,” tutur Sendi Arifin.

Sendi juga mengatakan beberapa pihak telah menghubungi pengurus perpustakaan untuk mendonasikan buku yang mereka miliki.

“Ayo jangan sampai ketinggalan. Mari bersama-sama mencerdaskan anak bangsa dengan memberikan donasi buku bagi mereka yang membutuhkan,” tutupnya.

(Red)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mari inspirasi dunia dengan pandangan brilianmu bersama Sabdanews!