Mobil Sering Rusak? Ini Tips Merawat Mobil Agar Tetap Nyaman Dipakai

  • Whatsapp

Sabdanews.net, Otomotif – Anda mungkin mempunyai mobil yang dikendarai secara khusus saat keadaan tertentu, kondisi lalu lintas yang padat, macet, dan ditambah cuaca yang tak menentu, membuat peforma mobil bekerja dengan keras yang membuat kenyamanan mobil menurun. Sebab itu kita harus rutin melakukan perawatan dan servis, agar tetap membuat nyaman anda ketika berkendara.

Walaupun anda kurang mengetahui tentang seluk beluk mobil, setidaknya anda perlu memehami beberapa cara merawat mobil agar tetap nyaman dipakai dalam sehari hari maupun untuk perjalanan yang jauh.

Bacaan Lainnya
  1. Ganti Oli dan Filter Mobil Sesuai Jadwal

Oli dan Filter mobil menjadi suatu komponen yang penting, karena ini bisa menurunkan peforma mesin apabila tidak mengganti oli dan filter mobil tidak sesuai jadwal, biasanya ganti oli mobil ini disarankan pada kelipatan kilometer 10 ribu, hal ini berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen, pendingin, peredam getaran, pembersih kotoran, hingga antikarat di dalam mesin.

Namun ketika mobil kerap dipakai setiap hari biasanya bengkel akan menyarankan untuk mengganti oli pada kelipatan kilometer 5 rb, hal ini disarankan ketika mobil setiap hari dipakai dalam keadaan jalan macetmacet dan kondisi jalan yang tidak normal, sehingga membuat jarak tempuh mobil menjadi pendek.

  1. Mengisi Air Radiator Pakai Cairan Radiator atau Coolant

Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin saat bekerja. Untuk mobil kesayangan Anda, pastika memakai cairan radiator atau coolant yang direkomendasikan. Air radiator menghindari mesin mobil overheat, anda perlu memastikan air radiator selalu terisi secara berkala dan jangan sampai kehabisan. Jangan lupa juga untuk mengecek jenis cairan lain yang dibutuhkan mobil, seperti power steering dan rem. 

  1. Selalu Panaskan Mobil Serta Cek Kondisi Ban dan Kelengkapan Mobil

Panaskan mobil sesuai pemakaiannya. Kalau jarang dipakai, pemanasannya harus lama. Sampai suhu mesin panas atau jarum indikator di panel dashboard menunjukkan bahwa mesin sudah panas. Jika kendaraan dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, maka pemanasan mobil dapat dilakukan dengan cepat.

Memanaskan kendaraan sangat berkaitan dengan awet atau tidaknya kendaraan. Dengan memanaskan mobil, maka mesin terhindar dari beban yang tiba-tiba dan pada akhirnya mobil bisa lebih cepat awet. Sambil mobil dipanaskan, Anda dapat mengecek kondisi ban dan kelengkapan lain, seperti lampu-lampu dan kopling.  

  1. Pilih Bahan Bakar Sesuai Saran Dealer

Bahan bakar memegang peranan penting untuk meningkatkan performa kendaraan, terutama mobil. Bukan hanya nilai oktannya saja yang perlu Anda perhatikan melainkan teknologi yang dimiliki dari BBM tersebut. Sebab bahan bakar yang baik itu tidak hanya mampu membersihkan dan melindungi mesin tetapi juga meningkatkan performa mesin lebih optimal.

  1. Bersihkan mobil untuk menghindari karat  

Untuk mobil awet tahan lama dan nyaman dikendarai, perawatan tak hanya fokus pada bagian mesin saja tetapi juga komponen di luarnya. Bersihkan mobil secara rutin untuk mencegah kerusakan, misalnya karatan di beberapa part mobil.

  1. Kunjungi Dealer Resmi dan Terpercaya Untuk Melakukan Servis Rutin

Poin penting dari perawatan mobil adalah menyerahkan pada ahlinya. Mobil membutuhkan sentuhan mekanik ahli secara berkala agar tetap optimal. Datang ke bengkel tidak harus untuk servis besar, Anda juga bisa melakukan tune up yang berarti servis ringan untuk menjaga stabilitas performas mobil.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *