Pemkot Serang dan Masyarakat Cilowong Sepakat Teruskan Pembuangan Sampah Tangsel ke TPSA Cilowong

  • Whatsapp

Sabdanews.net, Serang Raya – Pemerintah Kota Serang sepakat untuk meneruskan kesepakatan pembuangan sampah antara Pemkot Tangsel dengan Pemkot Serang ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cilowong. Kesepakatan ini hasil dari musyawarah bersama dengan Pemerintah Kota Serang, DPRD Kota Serang, Polres Serang Kota, serta  Dandim 0602/Serang, dan Tokoh Masyarakat Cilowong Jumat (29/10) yang lalu di Kelurahan Cilowong.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Daerah Kota Serang, Nanang Saepudin mengatakan musyawarah tersebut bertujuan menampung aspirasi masyarakat yang terganggu oleh dampak sampah dari Tangsel. Hasil Musyawarah tersebut, menurut Nanang, akan digunakan untuk memperbaiki kesepakatan dengan Pemkot Tangsel.   

“Kita akan mendiskusikan kembali perjanjian yang di awal dengan Pemkot Serang bersama Pemkot Tangsel untuk melakukan kesepakatan kerja sama Pembuangan Sampah ke TPSA Cilowong, namun kita akan terus menerima aspirasi dari masyarakat atau Tokoh Masyarakat Cilowong agar persoalan sampah Cilowong tidak mengakibatkan konflik kembali dengan Masyarakat Cilowong,” ujar Nanang.

Nanang juga mengatakan Pemkot Serang akan memberikan Kompensasi Dampak Negatif (KDN) 10 persen untuk masyarakat yang terdampak sampah dari Tangsel.

“Dari jumlah sampah yang sudah dikirm tangsel ke kami ( Pemkot Serang) ini sudah sebanyak 175 ribu ton per hari dengan ini kami bagilah KDN itu kepada masyarakat 10 persen,” ucapnya

“Kita terbuka dalam publik, bahwa tak ada yang kita tutupi atau kita kurangi,  imbuhnya.

Ia juga menambahkan bantuan dana sebesar Rp 21 Miliar akan sepenuhnya dialokasikan ke Dinas Lingkungan Hidup untuk mengoptimalkan dan memperbaiki sarana dan prasarana di TPSA Cilowong.

“Rp 21 miliar itu untuk DLH saja tidak ada dinas lain, kalau pun ada dinas lain kita kasih sebanyak Rp 600 juta itupun untuk pembebasan lahan yang berada di Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Karena memang sesuai tupoksinya ada di DPU,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *