Lahan Hijau Semakin Menyempit, Teknik Sipil UPJ Lakukan Edukasi dan Penghijauan di Pemukiman Perkotaan

  • Whatsapp
lahan hijau

Sabdanews.net – Tangerang, Dosen dan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) sukses menggelar kegiatan berkebun dilahan terbatas di Jalan Kamboja Perumahan Pondok Pucung Indah 1, Pondok Aren.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Pengabdian Masyarakat tersebut dilaksanakan karena kurangnya edukasi dari berbagai pihak terkait dengan kepedulian terhadap lingkungan.

Bacaan Lainnya

Galih Wulandari, dosen program studi Teknik Sipil menyebut kegiatan tersebut dilakukan akibat semakin sedikitnya area terbuka hijau diakibatkan pembangunan gedung yang terus menerus sehingga lahan untuk budidaya tanaman semakin menyempit.

“Kegiatan ini dilaksanakan lantaran tidak sedikit dari area terbuka hijau berubah menjadi bangunan dengan peruntukan untuk perumahan atau sarana & prasarana publik, sehingga lahan-lahan untuk budidaya tanaman kian menyempit.” Ucap Galih Wulandari.

Selain itu, Galih menyebut kegiatan penghijauan dilakukan dengan memanfaatkan sisa lahan kosong yang ada di wilayah tersebut.

“Kegiatan dilahan terbatas dan edukasi tentang lingkungan dilakukan dengan cara memanfaatkan sisa lahan yang berlokasi disamping lapangan. Lahan tersebut adalah lahan kosong dan hanya digunakan untuk pembangunan puing sisa rekontruksi dari warga setempat.” Ujarnya

Walaupun kegiatan penghijauan dilahan terbatas dan edukasi tentang lingkungan proses pengerjaannya sedikit sulit, kegiatan tersebut disambut baik oleh warga setempat.

“Proses pengerjaannya cukup sulit karena perlu menggali area lahan tersebut cukup dalam sehingga butuh waktu yang agak lama. Namun, semangat dari para Dosen dan Mahasiswa membuat kegiatan tersebut dapat terselesaikan dan disambut dengan baik oleh warga.” Ucapnya

Selain itu, ia berharap semoga kegiatan ini dapat menjadi awal kegiatan pengabdian secara langsung dosen dan mahasiswa Teknik Sipil Universitas Pembangunan Jaya (UPJ).

“Ini kegiatan kepedulian lingkungan dengan memberika edukasi dan implementasi langsung dilapangan dalam bentuk pengabdian masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan diwaktu lain.” Tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *