Persoalan Tumpukan Sampah di Kali Prancis. Himata Banten: Pengelolaan Lingkungan dari Pemkab Buruk

  • Whatsapp
sampah kali praancis
source ; m.medcom.id

Sabdanews.net, TangerangTumpukan sampah memenuhi aliran sungai di Kali Prancis, Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kab. Tangerang pasca banjir rob menggenangi perkampungan nelayan beberapa waktu yang lalu.

Atas hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang menyebut, telah menerjunkan puluhan petugas dan truk untuk mengangkut sampah dari Kali Prancis itu.

Bacaan Lainnya

“70 Ton tumpukan sampah telah kami angkut ke TPA Jatiwaringin,” kata Taufik, Senin (15/11/2021).

Kepala Departemen Advokasi Himpunan Mahasiswa Tangerang (HIMATA) Wilayah Banten, Fariz Amrullah menyebut masalah ini bukan persoalan baru, namun sudah terjadi sejak lama.

“Persoalan sampah di Kali Prancis bukan barang baru. Ini masalah lama. Harusnya Pemkab rutin untuk monitor kondisi kali sekaligus lakukan pembersihan tanpa perlu nunggu rame dulu ini persoalan.” Ujar Fariz kepada tim media sabda.news.

Kendati demikian, Fariz menyebut dia bersama rekannya yang tergabung dalam Organisasi Himata Banten sudah mengingatkan persoalan tersebut sejak lama.

“Mengenai persoalan lingkungan hidup kita udah ingatkan kok sejak HUT Kab. Tangerang kemarin, ada itu dalam isi tuntutan kita.” Kata Fariz.

Lebih lanjut, menurut Fariz, pengelolaan lingkungan merupakan persoalan serius yang harus diselesaikan Pemerintah Kabupaten, karna menyangkut pada kualitas kesehatan.

“Sampah di Kali Prancis itu kan satu diantara banyak persoalan mengenai lingkungan, belum lagi mengenai limbah cair Perusahaan yang ngalir juga di aliran Sungai yang ada di Tangerang. Khusus di Kab. Tangerang kita punya Perbup No. 80 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik dan Perda No. 6 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah dan Lumpur Tinja. Tinggal dioptimalisasikan aja itu aturannya.” Tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *