Mu’jijah Mahasiswa Kandidat Doktor S3 UGM : Mahasiswa, Tugas dan Nilai

  • Whatsapp

Sabdanews.net, BantenProses kegiatan belajar mengajar mulai dari tingkat TK sampai perguruan tinggi tidak akan terlepas dari tugas dan nilai. Karena hal ini merupakan sebuah proses, dimana jika seseorang menempuh Pendidikan secara formal akan melalui tahapan-tahapan yang sudah ditentukan, salah satunya adalah dengan mengerjakan tuas yang diberikan saat kegiatan belajar dan akhirnya akan diraih tahapan akhir dari kegiatan Pendidikan tersebut.

Pendidikan merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh semua warga negara Indonesia. Pendidikan umumnya selalu dengan bimbingan orang lain tetapi ada juga yang dilakukan secara otodidak. Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara Republik Indonesia seperti yang tertuang dalam UUD 1945 pasal 31 ayat 1 yang menyatakan bahwa”Setiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran” dan setelah UUD 1945 ini diamandemen sampai ke empat kali maka bunyinya adalah ayat (1) “Setiap warga negara berhak mendapatkan Pendidikan dan ayat (2) “Setiap warga negara wajib mengikuti Pendidikan Dasar dan Pemerintah wajib membiayainya”, sehingga di sekolah dasar kita sekarang mengenal apa yang disebut dengan dana BOS (Biaya Operasional Sekolah).

Bacaan Lainnya

Dunia kampus menjadi dunia yang begitu indah sekaligus penuh tantangan. Mahasiswa dalam kegiatan pelaksanaan belajar tidak akan terlepas dari tugas dan nilai. Hal ini merupakan suatu rangkaian kegiatan proses pembelajaran, merupakan tugas dan kewajiban mahasiswa serta dosen sekalipun.

Karena mahasiswa dituntut untuk berfikir lebih maju, kreatif dan bisa lebih mandiri. Beragam kehidupan dunia kampus dengan segala aturan dan kebijakannya telah membuat identitas pada setiap diri mahasiswanya. Sehingga secara morfologi kita bisa membedakan dan menebak mereka ini mahasiswa perguruan tinggi mana, bahkan program studi apa. Pemberian tugas dan nilai dalam setiap fakultas dari masing-masing perguruan tinggi berbeda-beda. Mulai dari yang soft sampai yang hard, dari yang tugas ke lapangan sampai menghafal ayat Al-quran yang berkaitan dengan materi kuliah bisa kita temui. Hal itu mereka lakukan tidak lain hanya ingin membuat mahasiswanya berhasil sesuai dengan harapan yang terdapat dalam visi, misi Fakultas dan Universitasnya.

Mahasiswa Biologi dan Kimia UNMA Banten sedang menghafal ayat Al-quran
yang berkaitan dengan materi perkuliahan melalui zoom meeting

Dalam perjalanannya kadang mahasiswa berfikir bahwa ini sangat berat dan susah sehingga kadang tugas itu belum selesai pada waktunya dan ini akan berimbas pada nilai. Hal ini kadang membuat mahasiswa ingin cari cara yang instant agar dapat memperoleh nilai.

Nilai memang bukan segala-galanya tapi Pendidikan tanpa nilai juga kurang tepat. Nilai akan selalu ada bagi semua warga yang melakukan Pendidikan yang harusnya didapatkan dengan cara yang benar dan jujur bukan dengan asal-asalan, sebagai bukti hasil kita dalam menjalani Pendidikan secara formal. Dalam mendapatkan nilai ini tidak mudah karena kita harus mengikuti aturan perkuliahan. Nilai bisa di dapat dari tugas-tugas kita belajar, baik di dalam kelas maupun tugas lapangan.
Tetapi dalam hal ini, saya diingatkan dengan kalimat yang sering diucapkan oleh Dekan Fakultas Biologi UGM, Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr., Sc, Prof. Dr. Purnomo M.S dan Dr. Maryani, M.Sc yang sekaligus sebagai Promotor dan Co-promotor saya, beliau sering mengatakan jalani, lakoni dengan senang hati dan jujur, karena kejujuranlah yang akan membuat kita terus bertahan dan penuh keberkahan. Itulah support yang begitu besar bagi para mahasiswa khususnya saya pribadi.

Sebagai seorang dosen harusnya memang bersikap lebih merakyat, merangkul, membimbing, mengarahkan bukan hanya memerintah dan menyuruh tanpa ada solusi. Semoga para dosen, khususnya dosen muda lebih memiliki attitude yang lebih baik dan bercermin kepada dosen senior yang selalu menerapkan ilmu padi-nya.

Sebagai penutup saya ucapkan banyak terima kasih kepada Promotor dan Co-promotor saya, khususnya kepada Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Sgr., Sc yang selalu terus mensupport mahasiswanya, untuk terus berusaha dan selalu percaya diri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *