Latih Nalar Berpikir Mahasiswa, HMJ IP STISIP BR Gelar Kajian Rutin Bulanan

Latih Nalar Berpikir Mahasiswa, HMJ IP STISIP BR Gelar Kajian Rutin Bulanan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram
Share on tumblr

Sabdanews.net, Pandeglang – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintah (HMJ-IP) Sekolah Tinggi Ilmu Politk dan Ilmu Sosial Banten Raya (STISIP BR) mengelar Kajian Rutin Bulanan dengan mengangkat tema “Ilmu Pemerintahan dan Aktualisasi Konsep pemerintahan” di Aula STISIP Banten Raya, Sabtu (27/11/2021).

Kajian rutin yang diikuti oleh mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintah ini merupakan salah satu program kerja dari Bidang Pendidikan HMJ-IP periode 2021. Adapun yang bertindak sebagai pemateri dalam kajian ini adalah Jeni Minan, M.Soc.Sc., Kepala Prodi Ilmu Pemerintahan STISIP BR

Baca juga  Komunitas Rumah Mimpi Gelar Kegiatan R'Bahan

Jeni Minan, M.Soc.Sc menyampaikan bahwa konteks kedekatan ilmu Pemerintahan yang terdiri dari Ilmu pemerintahan, ilmu politik, ilmu Administrasi publik dan ilmu hukum. Ia juga menyampaikan bahwa  klasifikasi Ilmu Pemerintahan terbagi 3 yaitu, Ilmu murni (Teoretis), Ilmu empiris (Terapan), Ilmu teoretis empiris.

“Konsep Pemerintahan yang baik, merupakan proses,  menyelenggarakan kekuasaan negara dalam melaksanakan penyediaan pemerintahan atau kepemerintahan. Pemerintahan yang mencapai tujuannya dengan baik adalah pemerintahan yang tidak diikut campuri oleh urusan politik, tetap fokus dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab nya agar tercapainya suatu tujuan yang diinginkan,” tuturnya.

Baca juga  HMI MPO Cabang Serang 'Geruduk' Rapat Paripurna DPRD Kota Serang

“Sebagai seorang pemimpin kita mempunyai tanggung jawab yang besar, adil , tegas dan bisa mencetak pemimpin yang lebih baik agar terwujudnya pemerintahan yang good government,” imbuhnya.

Ihsanudin, Ketua Umum HMJ IP mengatakan tujuan dari kajian rutin tersebut untuk membentuk karakter dan kepribadian mahasiswa, menumbuhkan kecerdasan sosial mahasiswa, mengembankan khazanah berfikir mahasiswa, dan melatih mahasiwa untuk berpikir kritis.

Baca juga  Longsor Lebak Tertangani, Gunung Liman Mulai Ditanami Pohon

“Saya harap kajian rutinitas bulanan yang dilakukan oleh HMJ IP tetap konsisten untuk terus ada, karena dengan seperti ini mahasiswa akan mendapatkan yang belum pernah mereka dapatkan ketika dalam pembelajaran di kelas,” ucapnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mari inspirasi dunia dengan pandangan brilianmu bersama Sabdanews!