Dinsos Provinsi Banten Dsitibusikan Bantuan Jamsosratu Kepada Warga Lebak

Dinsos Provinsi Banten Dsitibusikan Bantuan Jamsosratu Kepada Warga Lebak

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram
Share on tumblr

Sabdanews.net, Serang Raya – Dalam Rangka meningkatkan Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu), Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten distribusikan dana bantuan sosial Jamsosratu, Selasa (14/12).  Pada kegiatan Jamsosratu juga dilakukan di halaman Gedung UPTD PSRTS Dinas Sosial Provinsi Banten.

Hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Banten, Andhika Hazrumi yang didampingi oleh Kapala Dinsos Provinsi Banten, Nurhana.

Dalam dialognya dengan sejumlah warga penerima Jamsosratu itu, Andika mendapat sejumlah pengaduan permasalahan yang dihadapi para warga tersebut.

Nuraeni (35) misalnya, curhat kepada Andika bahwa dirinya sangat ingin sekali adik kandungnya yang kini duduk di kelas 3 sekolah menengah atas dapat melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi.

“Kalau bisa mah saya ini masih punya cita-cita dan harapan Pak Wagub, ingin supaya adik saya bisa lanjut kuliah. Tapi ya kayaknya sulit kalau keadaannya seperti ini,” kata Nuraeni seraya mencucurkan air mata tak kuasa menahan tangis.

Baca juga  Polres Cilegon Terima Kunjungan Wasops Itwasum Mabes Polri

Mendapati keluhan warganya tersebut, Andika kemudian menyanggupi dan akan memberikan beasiswa ke sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Kota Serang sampai lulus bagi adik kandung Nuraeni tersebut. Sebelumnya Andika menanyakan kepada Nuraeni, apakah sang adik nilainya bagus selama di Sekolah Menengah Atas. Menurut Nuraeni, adiknya tersebut terbilang murid yang pandai di kelasnya. Oleh sebab itu dia merasa sedih jika mengingat sang adik tidak dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

Selain masalah pendidikan, dalam dialog itu Andika juga mendapati curhatan sejumlah persoalan lain dari warganya di Kabupaten Lebak tersebut. Mulai dari masalah anggota keluarga yang sakit dan butuh perawatan Rumah Sakit, hingga masalah kebutuhan modal usaha.

Baca juga  Demo Tuntut Kenaikan UMK, Buruh Tutup Akses Jalan Provinsi Banten

“Kalau untuk modal usaha, kita punya Program UEP atau Usaha Ekonomi Produktif. Coba Bu Kadis nanti ibu ini melalui pendampingnya didata, apakah bisa mendapatkan UEP,” kata Andika kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana yang mendampinginya.

Untuk diketahui, bukan kali ini saja Andika memanfaatkan momen pertemuannya dengan warga seperti pada acara pembagian Jamsosratu ini, untuk berdialog dengan warga, untuk sekedar menanyakan kabar dan harapan para warga kepada Pemprov Banten yang saat ini dipimpin dirinya bersama Gubernur Banten Wahidin Halim.

Tak urung para warga yang diajak berdialog pun balik mendoakan agar Gubernur  Wahidin dan Wakil Gubernur Andika diberikan kesehatan.

“Iya, terima kasih ya. Sama-sama. Ibu dan keluarga juga saya doakan semoga sehat-sehat. Nanti saya sampaikan salam ke Pak Gubernur,” kata Andika membalas doa warganya.

Baca juga  Pemkot Cilegon Berikan Penghargaan Bagi ASN yang Memasuki Usia Pensiun

Sementara itu, terkait pembagian Jamsosratu di Lebak itu sendiri, Kepala Dinsos Banten Nurhana mengatakan, tahun ini pihaknya membagikan Jamsosratu kepada sebanyak 11.542 Rumah Tangga Sasaran (RTS) dengan masing-masing RTS mendapatkan Rp1 juta.

“Pencairannya melalui perbankan. Jadi RTS melalui pendamping kita kasih kartu ATM. Jadi bisa kapan saja RTS mencairkannya. Dan dengan begitu (penyaluran melalui rekening Bank) potensi pemotongan tidak ada,” kata Nurhana.

Untuk diketahui, pembagian dana Jamsosratu Tahun Anggaran 2021 telah diluncurkan di Kota Tangerang beberapa waktu lalu oleh Wagub Andika. Disebutkan sebanyak 50 ribu RTS di Banten tahun ini akan diberikan dana Jamsosratu sebesar Rp 1 juta melalui rekening RTS masing-masing.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mari inspirasi dunia dengan pandangan brilianmu bersama Sabdanews!