Buruh Duduki Kursi Gubernur Banten, IMC: Gubernur Harus Ngaca!

Buruh Duduki Kursi Gubernur Banten, IMC: Gubernur Harus Ngaca!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram
Share on tumblr

Sabdanews.net, Cilegon – Ikatan Mahasiswa Cilegon (IMC) menyayangkan sikap Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) yang terkesan arogan saat menanggapi aksi buruh pada (30/11) lalu. IMC menilai pernyataan Gubernur Banten sangat menyakiti hati dan tidak menghargai perjuangan buruh.

Ketua Umum PP IMC, Hariyanto mengatakan seorang pejabat publik seharusnya dapat bertindak secara arif dan bijaksana saat menanggapi rakyat yang sedang menyampaikan aspirasi.

Pasca beredarnya video dan foto buruh yang menduduki kursi gubernur, menurut Hariyanto seharusnya WH mengambil tindakan yang dapat menenangkan suasana dan memberikan solusi bagi semua pihak, bukan malah membuat pernyataan akan melaporkan para buruh pada pihak-pihak terkait.  

Baca juga  Anggota Fraksi Demokrat DPR RI Kembali Laksanakan vaksinisasi masal Dosis Ke-2

“Menurut saya pernyataan seperti itu justru membuktikan bahwa Gubernur Banten mengafirmasi kegagalannya sendiri,” terangnya.

“Perlu digaris bawahi supaya kita juga tidak terhegemoni dengan stigma negatif terhadap gerakan buruh Bahwa fokus isu kali ini adalah buruh menginginkan kenaikan UMK, mereka menuntut haknya supaya bisa terpenuhi,” ucap Hariyanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu, (26/12).  

Baca juga  Wow! Crazy Rich Malang Beli Mobil 6M Tanpa Pikir Panjang

Selain itu, Menurut pria yang akrab disapa Yanto itu masyarakat harus bisa melihat persoalan buruh yang menduduki kursi gubernur dalam sudut pandang lain. Yanto meyakini aksi anarkis yang dilakukan buruh itu salah, akan tetapi ia menilai tindakan-tindakan tersebut justru disebabkan oleh pernyataan Gubernur Banten yang menyuruh pengusaha mencari pegawai lain apabila buruh menolak UMP.   

Baca juga  Buruh Duduki Ruang Kerja Gubernur Banten, Fraksi Demokrat : Demonstrasi Ada Etikanya

“Dengan terjadinya insiden ini, seharusnya Gubernur Banten berkaca diri terlebih dahulu atas pernyataan-pernyataan sebelumnya apakah sudah menyinggung bahkan melukai hati buruh atau tidak ? Ketika buruh melakukan aksi demonstrasi sudah ditemui atau belum ? sudah diajak berdialog atau belum? Kemudian yang kedua, Sejauh ini koordinasi dan komunikasi yang dibangun terhadap Aparat keamanan setempat apakah sudah baik atau belum? Jangan bisanya hanya menyalahkan, yang lebih urgent daripada itu adalah introspeksi diri, berkaca!,” tegasnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mari inspirasi dunia dengan pandangan brilianmu bersama Sabdanews!