Meskipun Pahit, Ternyata Ini 6 Manfaat Pare Bagi Tubuh

Meskipun Pahit, Ternyata Ini 6 Manfaat Pare Bagi Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram
Share on tumblr

Sabdanews.net, Gaya Hidup – Pare menjadi salah satu jenis sayuran yang cukup populer di negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Merupakan  jenis tanaman yang merupakan anggota keluarga dari mentimun. Pare biasanya tumbuh di daerah beriklim tropis.

Pare tekenal dengan rasa pahitnya, meskipun begitu banyak sekali orang yang suka. Biasanya kita temui dalam jenis sayuran atau makanan ringan seperti siomay.

Di samping itu, pare ternyata mengandung khasiat yang penuh dengan kesehatan, berikut 6 Manfaat pare untuk kesehatan yang dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (25/12/2021).

Baca juga  Mengerikan! Ternyata Ini Dampak Buruk Sering Kesepian

Membantu mengobati penyakit HIV

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Biomedical and Pharmacology Journal menjelaskan bahwa komposisi fitokimia pare, yakni MAP30 yang berupa senyawa antivirus dapat menghambat aktivitas HIV.

Protein MAP30 yang teradapat di pare dapat menghambat infeksi HIV baru, caranya dengan merangsang sistem kekebalan dan menghasilkan lebih banyak sel CD4.

Penelitian itu juga menunjukkan bahwa protein MAP30 pada pare juga dapat membantu mengobati pasien herpes simpleks virus-1 (HSV-1) dengan menghambat reproduksi virus dan mengurangi kemampuannya untuk membentuk plak.

Baca juga  Pernah Mengalami ‘Ketindihan Hantu’?, Ternyata Ini Fakta Sebenarnya

Menurunkan Berat Badan

Pare sangat baik untuk kalian yang sedang menjalankan program diet. Pare termasuk buah yang rendah kalori dan tinggi serat.

Serat dalam pare dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan berlebih. Namun, tentunya tetap dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat dengan berolahraga secara rutin.

Untuk Kesehatan Pencernaan

Pare memiliki efek pencahar alami yang dapat membantu meredakan sembelit atau konstipasi. Senyawa antibakteri yang terdapat dalam pare juga  membantu melawan bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) yang menyebabkan tukak lambung.

Baca juga  Wow! 3 Diet Ini Ampuh Turunkan Berat Badan Loh

Asam Urat

Kandungan dalam pare sangat efektif membantu menurunkan asam urat tinggi.  Cara meraciknya, sediakan pare 200 gram dan tiga gelas air. cuci pare sampai bersih lalu potong tipis-tipis. Lalu, rebus pare sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar satu gelas. Setelah itu, dinginkan dan saring. Minum air rebusan pare dua kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mari inspirasi dunia dengan pandangan brilianmu bersama Sabdanews!