Selama Tahun 2021, PAD Kota Serang Lewati Target

Selama Tahun 2021, PAD Kota Serang Lewati Target

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram
Share on tumblr

Sabdanews.net, Serang Raya – Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kota Serang mencatat, realisasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Serang sepanjang tahun 2021 surplus Rp. 143.125.000.000 dari target perubahan.

Kepala Bapenda Kota Serang, Hari W. Pamungkas menyebutkan dalam target, Pemkot Serang berhasil meraup Rp. 143.125.000.000 masuk dalam PAD. Yang dimana, realisasi pada tahun 2021, mencapai Rp.144.139.595.360. Dengan mencapai realisasi tahun 2021 Bapenda Kota Serang berhasil meningkatkan PAD Kota Serang. Bahkan, adapun, dalam komulatif persenan mencapai 100,71%. 

“Jadi melebihi target sekitar Rp.143.125.000.000 lebih. Yang dimana, kurang lebih 100,71%. Artinya saya mewakili teman teman sangat memuaskan,” ujar Hari W. Pamungkas.

Baca juga  Tamimi Maju Dalam Kontestasi Pilkades Kadujangkung

PAD di Kota Serang didapat dari berbagai komponen. Dari mulai  hasil pajak Hotel, hasil pajak restoran, hasil pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak parkir, pajak air tanah, pajak PBB, pajak bphtb. Yang dimana, kata Hari dari 9 komponen yang telah menggenjot hasil pajak kota serang meningkat. Akan tetapi, di pajak hiburan menurun. Hal ini dikarenakan, faktor pandemi yang membuat semua tempat hiburan di Kota Serang ditutup.

“Sebanyak 9 kompenen yang telah berhasil meningkatkan kompenen hasil pendapatan pajak kita. Bahkan, ia menyebutkan, di antar 9 ini, pajak hiburan yang paling rendah. Hal ini dikarenakan, selama pandemi pemkot serang menutup tempat hiburan untuk keberlangsungan covid 19 sehingga tidak terjadi penyebaran covid 19 yang signifikan,” jelasnya.

Baca juga  Wali Kota Cilegon: ASN Harus Punya Mindset Melayani Bukan Dilayani

Hari menjelaskan, sektor PAD sendiri dikelola berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Serang. Seperti Bappenda yang bertanggungjawab atas hasil pajak daerah di Kota Serang.

“Di kita kan ada 9 jenis pajak, sama dena pajak. Dari mulai pajak hotel, pajak restoran, PBB, BPHTB, pajak hiburan, reklame, pajak penerangan jalan, parkir, pajak air tanah,” tuturnya

Kemudian untuk hasil retribusi daerah dari mulai retribusi jasa umum hingga jasa usaha itu dikelola SKPD lainnya di lingkungan Pemkot Serang. Ia mencontohkan, retribusi peyalanan pasar yang dikelola Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian.

Baca juga  PD Muhammadiyah Kota Cilegon Dukung Pendirian IMM Kota Cilegon

Dirinya melanjutkan, penerimaan PAD sepanjang tahun 2021 terbilang cukup baik mengingat tahun lalu hampir semua sektor penyumbang pendapatan terdampak oleh wabah COVID-19. Atas pencapaian ini, pihaknya mengapresiasi kesadaran masyarakat dalam membayar pajak dan retribusi. 

“Jadi ini bentuk peningkatan kesadaran masyarakat wajib pajak yang makin sadar dalam membayar kewajiban pajaknya, karena pajak sebagai salah satu sumber dana pembangunan daerah, termasuk  penanganan pandemi saat ini,” ujarnya. 

Untuk tahun ini, pihaknya akan lebih berupaya untuk memaksimalkan potensi agar PAD di Kota Serang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Untuk retribusi dan pajak daerah, kita akan upayakan lebih maksimal lagi,” harapnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mari inspirasi dunia dengan pandangan brilianmu bersama Sabdanews!