Harga Bahan Pokok Naik, Hj Nuraeni Datangi Bulog Subdirve Serang

Harga Bahan Pokok Naik, Hj Nuraeni Datangi Bulog Subdirve Serang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram
Share on tumblr

Sabdanews.net, Serang Raya – Dalam rangka meninjau persoalan kenaikan harga bahan pokok, Anggota Komisi IV, Fraksi Partai Demokrat Dapil II Banten, Hj. Nuraeni, S.Sos., M.Si., kunjungi Kantor Bulog subdirve Serang untuk memastikan penyebab melonjaknya harga bahan pokok di Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon, Senin, (03/13).

Dalam kunjungan tersebut, Hj Nuraeni mengatakan berdasarkan sidak yang ia lakukan di Pasar Rau pada Jumat, (30/12), Pihaknya menemukan hal-hal yang menjadi penyebab meningkatnya harga bahan pokok secara signifikan. Padahal di beberapa tempat selain di Kota Serang, Kabupaten, Serang dan Kota Cilegon harga bahan pokok tidak naik secara signifikan, bahkan cenderung stabil.

“Kita menemukan keanehan di pasar, banyak hal yang menjadi penyebab naiknya harga, ada pedagang yang mengatakan karena bansos, ada yang mengatakan musim penghujan. Jadi sebenarnya kita ingin tau nih penyebab utamanya apa?,” ucap Hj Nuraeni saat memimpin pertemuan bersama Dinas Pertanian Provinsi Banten, Bulog Subdirve Serang, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten dan Dinas Indsutri dan Perdagangan Provinsi Banten.

Baca juga  Budi Rustandi Minta Walikota Serang Segera Buat Perwal Untuk Gaji Guru Honor non-PNS

Hj Nuraeni juga mengatakan untuk mengatasi persoalan ini, pemerintah dan DPR di daerah harus sama-sama berperan agar harga-harga bisa kembali stabil.

“Pada komoditi minyak, telur, cabai rawit semuanya naik. Nah dalam persoalan ini negara harus hadir dan ambil peran jangan sampai rakyat kita menderita karena harga pangan yang begitu tinggi,” ucapnya

“Bahkan saat di pasar kemarin ada yang mengatakan lebih baik tidak diberi bansos daripada harga bahan pokok mahal,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bulog Subdirve Serang, Budhi Indrawan mengatakan peran dan fungsi Bulog tidak seperti dulu karena saat ini bulog hanya mengurusi bahan pokok beras. Selain itu, upaya yang dilakukan oleh Bulog juga belum optimal karena terbata oleh regulasi.
“Saat ini kita tidak seperti dulu, dulu kita menangani semilan bahan pokok, akan teyapi saat ini hanya komoditi beras saja. Program-program untuk menjaga stok dan menjaga kestabilan harga pangan sudah kita lakukan, sayangnya hal itu belum optimal karena kami terbatas regulasi,” tuturnya.

Baca juga  Anggota DPR RI Dapil 2 Banten Selenggarakan Santunan Anak Yatim

Selain itu, Ia juga mengatakan bansos atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) jadi penyebab naiknya harga bahan pokok karena pada masa pandemi ini pemberian BNPT cenderung dirapel oleh pemerintah, berbeda dari pada sebelumnya.

“Pada tahun pertama ada BPNT semua pemberiannya dilakukan serempak dan akhirnya tidak berdampak apapun pada harga pangan. Akan tetapi saat ini justru malah dirapel, akhirnya membuat suplier membeli bahan pokok dalam jumlah besar dan tentu hal itu menyebabkan harga bahan pokok jadi naik,” ucapnya.

“Kita juga tidak pernah dilibatkan oleh pemerintah daerah untuk ikut serta dalam pemberian BPNT ini, padahal stok bahan pokok di kita cukup banyak dan kalau pun tidak ada bisa kita carikan komoditinya,” imbuhnya.

Baca juga  Jelang Pilkada 2024, KPU Kabupaten Serang Ajukan Dana Hibah 107 Miliar

Selanjutnya, ia berharap agar pemerintah daerah bisa bermitra dengan Bulog Subdirve Serang, agar harga bahan pokok bisa kembali stabil.

“Harapan kita ke depan, kita bisa jadi mitra pemerintah dalam program BPNT ini,” harapnya.

Ke depan, Hj Nuraeni akan membawa hasil pertemuan tersebut ke Rapat Komisi IV DPRI agar persoalan kenaikan harga bahan pokok bisa diselesaikan.

“Kita akan membawa ini ke DPR agar dibuat regulasi atau kita sampaikan asipirasinya ke pemerintah pusat dan kita upayakan agar harga-harga bahan pokok kembali stabil,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Dinas Pertanian Provinsi Banten, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten, Dinas Isdustri dan Perdagangan Provinsi Banten, serta Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serang.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mari inspirasi dunia dengan pandangan brilianmu bersama Sabdanews!