Ratusan Relawan PKS Ikuti Latsar Penangulangan Bencana

Ratusan Relawan PKS Ikuti Latsar Penangulangan Bencana

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram
Share on tumblr

Sabdanews.net, Serang Raya – Ratusan Relawan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Banten menjalani Pelatihan Dasar (Latsar) penanggulangan bencana selama tiga hari, Jumat – Ahad (07-09/01/2022) di kawasan Persawahan Cikupa, Desa Kamasan, Cinangka, Kabupaten Serang.

Sekretaris Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Banten, Najib Hamas mengatakan, kader PKS di seluruh wilayah Banten dilatih untuk menjadi relawan siaga bencana.

Apalagi, lanjut Najib, Banten masih menjadi daerah yang rawan bencana. Karena di wilayah ini dekat dengan Selat Sunda yang memiliki potensi bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, dan banjir.

Baca juga  Anggota DPRD Provinsi Banten Fraksi PKS Kecam Tindakan Oknum Yang Jadikan Al-Quran Sebagai Pembungkus Petasan

“Sehingga dibutuhkan keberadaan relawan siap siaga, agar penanganannya lebih cepat,” katanya usai membuka acara pelatihan penanggulangan bencana PKS Banten, Jumat (07/01).

Menurutnya, pelatihan relawan PKS penanggulangan bencana ini diikuti kader PKS dari delapan kota/kabupaten di Banten. Mereka disiapkan untuk memiliki keahlian yang dibutuhkan ketika terjadi bencana seperti tim evakuasi korban bencana, siaga dapur umum, trauma healing dan sebagainya.

Baca juga  Tumbuhkan Minat Baca Kitab Kuning, DPRD Provinsi Banten Fraksi PKS Gelar Perlombaan LBKK ke-V

“Dengan pelatihan selama tiga hari ini semoga para relawan PKS ini mampu memahami seluk beluk penanganan bencana, ” ujarnya.

Najib pun mengajak para Relawan PKS Banten harus mampu berkolaborasi dan bersinergi dengan lembaga atau organisasi eksternal yang bergerak di bidang kebencanaan jika sewaktu-waktu ada kejadian bencana yang membutuhkan penanganan cepat.

Ketua Bidang Kepanduan DPW PKS Provinsi Banten, Nanang Hartono menjelaskan, dalam acara Latsar ini seluruh relawan PKS juga dimotivasi agar memiliki mental dan fisik yang tangguh, mengingat dalam penanganan kebencanaan, kedua hal tersebut menjadi syarat utama.

Baca juga  Fraksi PKS DPRD Banten Himbau Masyarakat Muhasabah Diri Saat Malam Tahun Baru

“Para relawan PKS juga dilatih memiliki keahlian membuat bivak dan survival. Sehingga ketika di lapangan menghadapi kondisi sulit, mereka bisa bertahan, ” ungkapnya.

Ketua Panitia acara, Zainul Bahri menambahkan, para peserta dibekali materi-materi baik teori maupun praktek yang diberikan instruktur berpengalaman.

“Dengan harapan, para relawan PKS akan lebih siap ketika diterjunkan ke medan bencana, ” imbuhnya.

Penulis: Azharudin

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mari inspirasi dunia dengan pandangan brilianmu bersama Sabdanews!