Siaga Bencana, ACT dan Ponpes Sabilurrahman Gelar Pelatihan Water Rescue

Siaga Bencana, ACT dan Ponpes Sabilurrahman Gelar Pelatihan Water Rescue

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram
Share on tumblr

Sabdanews.net, Serang Raya – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Serang Raya dan Masyarakat Relawan Inodnesia bersama Pondok Pesantren Sabilurrahman menggelar pelatihan water Rescue di area Pondok Pesantren Sabilurrahman, Walantaka, Kabupaten Serang, Banten.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari, dimulai pada hari Sabtu dan berakhir pada hari Minggu 2022.

Setidaknya ada sebanyak 60 santri dan ustadz yang menjadi peserta dalam kegiatan pelatihan water rescue. Pelatihan Water Rescue ini dilatih langsung oleh Tim Disaster Emergency and Recovery Management (DERM) 

Gun Rizaman Somadikarta, Kepala Program ACT Serang Raya mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas relawan dan santri.

Baca juga  70 Miras dan 16 plastik Miras Oplosan Diamankan Polisi Dari Penjual Berkedok Toko Jamu

“Kegiatan ini adalah sebagai bentuk inisiasi, inovasi dan akselerasi atas pembentukan dan peningkatan kapasitas Relawan dari Elemen Santri pondok pesantren yang mumpuni dapat diandalkan baik mental dan fisiknya terhadap kondisi kahar/darurat yang kemungkinan dapat terjadi dimana saja, kapan saja dan khususnya di lingkungan sekitar pondok” Ungkap Gun.

Lebih lanjut, Gun juga berharap semoga kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin untuk para santri.

“Semoga dengan telah dilaksanakannya kegiatan Pelatihan Relawan Tanggap Bencana ini, dapat menjadi agenda rutin dalam kegiatan sebuah pondok pesantren terhadapan kesiap siagaan terhadap keadaan darurat, sehingga dapat membentuk Santri yang Cerdas dan tangguh” Lanjut Gun.

Baca juga  Topang Kelaparan dengan Operasi Pangan Gratis bersama Komunitas Ayo Ngecat, JNE, dan Pedagang Cilegon

Ustadz Opa, selaku Pembina Pondok Pesantren Sabilurrahman mengungkapkan bahwa kagiatan ini merupakan bentuk ikhtiar santri dalam menghadapi bencana yang sewaktu – waktu bisa datang.

“Bahwa bencana terjadi kapan saja, tapi kita manusia diperintahkan oleh Allah untuk selalu bersiap, bahkan Allah mengingatkan dalam salah satu ayat mungkin saja bencana itu datang pada saat kita sedang tidur atau pada saat kita sedang bermain main,” ucapnya.  

Baca juga  ACT Serang Raya Distibusikan Al - Qur'an Braille Kepada Pertuni

“Karena itu pada hari ini Alhamdulillah pondok pesantren tahfidz sabilurrahman sedang melaksanakan pelatihan tanggap bencana, mudah – mudahan ini bisa menjadi bekal mereka dan juga menjadi bagian dari pelatihan dalam menghadapi kehidupan sosial bermasyarakat sehingga mudah – mudahan santri kami tidak saja berakhlakul karimah, tetapi mereka juga kuat dan memiliki jiwa sosial dan siap di medan manapun. Sekali lagi ini merupakan persiapan kami dalam rangka mempersiapkan generasi masa depan, generasi yang cerdas, berakhlakul karimah tetapi juga tanggap terhadap sosial,” harapnya.

Penulis: Azharudin

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mari inspirasi dunia dengan pandangan brilianmu bersama Sabdanews!