Jelang Pilkada 2024, KPU Kabupaten Serang Ajukan Dana Hibah 107 Miliar

Jelang Pilkada 2024, KPU Kabupaten Serang Ajukan Dana Hibah 107 Miliar

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram
Share on tumblr

Sabdanews.net, Serang Raya – Menjelang Pilkada Kabupaten Serang Tahun 2024, KPU Kabupaten Serang  ajukan dana hibah Rp 107 miliar. Dana hibah tersebut, bakal diperuntukkan  KPU untuk tahapan Pilkada Kabupaten Serang 2024, yang akan digelar pada November 2024 mendatang.

Tahapan Pilkada Kabupaten Serang 2024, dimungkinkan dilaksanakan oleh KPU mulai tahun 2023, satu tahun sebelum pelaksanaan Pilkada.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Serang, Epi Priatna mengatakan usulan hibah KPU Kabupaten Serang sebesar Rp 107 milyar ini rencana akan diperuntukan KPU Kabupaten Serang untuk menghadapi Pilkada tahun 2024.

“Jadi saya mengusulkan kepada KPU Kabupaten Serang untuk pengajuan dana. Nah pengajuan itu sebedar Rp.107 miliar,”ujar Epi Priatna, usai rapat koordinasi dengan KPU di Sekretariat KPU pada Selasa, (11/01) kemarin.  

Lanjut Epi, menerangkan bahwa atas usulan dana tersebut berencana akan ada mekanisme tahapan-tahapannya yang harus dilakukan.

Baca juga  Soal Kadernya yang Kena Sabu, ini Penjelasan Ketua Demokrat Banten

“Pilkada ini kan dilakukan di tahun 2024 ini, jadi tahapannya dimulai dari tahun 2023 yang di mana tahapan itu dilakukan oleh KPU Kabupaten itu sendiri,” tuturnya.

“Intinya untuk (tahapan dari) 2023 dan 2024 anggarannya, tapi pelaksanaannya kan di tahun 2024, maka ditingkatan TAPD dan Banggar DPRD akan dibahas terlebih dulu,” imbuhnya.

Meski sudah masuk dalam tahapan tingkat TAPD dan Banggar DPRD pihaknya tidak bisa memastikan akan direalisasi sesuai yang diusulkan KPU kabupaten Serang.

“Belum tentu disetujui, namanya pengajuan nanti dibahas oleh TAPD dan Banggar tentunya nanti sesuai dengan kebutuhan (yang di realisasikannya),” jelas Epi.

Baca juga  Salah Satu Tersangka Prostitusi Online Gunakan Yang Hasil Mucikari untuk Beli Sabu

Sementara Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar mengatakan, rakor persiapan anggaran untuk Pilkada Tahun 2024 sangat penting. Karena menururtnya anggaran tersebut ada dua kontruksi yang disusun. Pertama tanpa support dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dan kedua ada support dari Pemprov Banten.

“Tapi kalau ada kosering dari Pemprov Banten cuma Rp60 miliar yang kita butuhkan,”ujar Abidin Nasyar.

Anggaran tersebut, kata Abidin, dikhususkan untuk pelaksanaan Pilkada Kabupaten Serang tidak termasuk Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). Karenanya Pilkada merupakan Amanat UUD Nomor 10 Tahun 2016 yang dibiayai oleh APBD.

“Kalau pileg, pilpres itu jelas dari APBN seluruhnya APBN, kalau pilkada itu fokus di pemilihan bupati,” terang Abidin Nasyar.

Baca juga  Dua Orang Kurir Narkoba Berhasil Diamankan di Jalan Taktakan Serang

Dengan pengajuan Rp107 miliar, Abidin Nasyar menegaskan nilai tersebut rasional.

Karena ketika pemilihan harus menggunakan Rp75,6 miliar pada Pilkada Tahun 2020 lalu itu, belum termasuk untuk anggaran penangan covid-19.

Tapi untuk saat ini harus menggunakan protokol kesehatan bagi penyelenggara dan pemilih seperti masker, tempat mencuci tangan dan handsanitizer, alat pelindung diri (APD) serta harus steril di setiap tempat pemungutan (TPS).

“Sebesar Rp107 miliar itu 61 persen itu untuk ad hoc baik honor maupun operasional, kebutuhan KPU cuma 49 persen itu untuk logistik, sosialisasi, alat peraga, kampanye dan lain sebagainya,” terang Abidin Nasyar.

Abidin menambahkan, anggaran tersebut harus direalisasi pada Tahun 2023, karena pelaksanaan pilkada digelar pada November 2024 mendatang.

Penulis: Azharudin

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mari inspirasi dunia dengan pandangan brilianmu bersama Sabdanews!