OPTIMALISASI GERAKAN KEMANDIRIAN SERANG BARAT

OPTIMALISASI GERAKAN KEMANDIRIAN SERANG BARAT

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on tumblr

Oleh: Habibi Sabrawi 

Sabdanews.net, Opini – Sejatinya kekuasaan dalam pemerintahan demokrasi berada di tangan Rakyat sebagai pemilik sah dalam menentukan nasibnya sendiri secara mandiri dan merdeka, segala kehendak dan keinginannya di jamin dan di lindungi oleh konstitusi  dan Undang-undang.


Dan, ketika penguasa memperoleh kekuasaannya dengan segala cara dalam suatu pemerinthan, kerap kali berhadap-hadapan antara kehendak rakyat dan penguasa.Satu pihak kehendaknya rakyat tak berdaya , dan penguasa di pihak lain  adikuasa. Memperlebar jarak dan membuat warna Perbedaan diantara keduanya memastikan demokrasi sejati telah hilang dan terasa hampa dalam suatu pemerintahan demokrasi.


Oligarki  dalam suatu pemerintahai semakin lama semakin  menguat dan mereka semakin nyaman, sehingga kesejahteraan hanya di nikmati oleh segelintir orang yang tergabung didalamnya , seiring itu pula rakyat sebagai pemilik sah tak pernah kunjung datang akan kesejahteraan yang di rasakan oleh mereka  pada umumnya.


Istilah Serang Barat sebenarnya berada dalam kekuasaan Pemerintahan  wilayah Otonom Kabupaten Serang , yang secara geografis berada wilayah bagian barat Pemerintahan Kabupaten Serang dengan segala sumber daya yang ada di dalamnya, baik sumber Daya alam mapun sumber Daya manusia dan sumber- sumber daya lainnya , dan secara kajian akademik  wilayah yang di sebut Serang Barat dapat memenuhi  syarat mandirinya suatu pemerinthan ototnomi Baru dengan penyempurnaan.Dan istilah Serang Barat secara defakto kehendak rakyat telah disepakat berdasarkan Kongres Masayarakat Serang pada Tahun 2001 yang lalu .


Saatnya  Rakyat tak ingin seperti bumi merindukan bulan, dengan indahnya dan nikmatnya penguasa dalam mengelola pemerintahan yang tak kunjung datang akan kesejahteraan rakyatnya.

Gerakan Kelompok Civil Socity

Yang di sebut gerakan Civil socity (Masyarakat Sipil) merupakan kelompok masyarakat yang diluar kekuasaan pemerintahan yang berpihak, berkehendak dan berkeinginan untuk perubahan dan perbaikan nasib rakyat  agar memperoleh hak kesejahteraannya. Kemandirian otonomi wilayah baru sebuah pemerintahan daerah merupakan pilihan strategis  yang dapat mempercepat mewujudkan kesejateraan rakyat secara mandiri. Kelompok Civil socity secara mandiri dan mengoptimalkan langkah-langkah perjuangan dengan melibatkan seluruh kekuatan rakyat yang secara nyata berkehendak dan berkeinginan untuk perubahan dan perbaikan nasib yang baik.Mendengar, dan mengakomodir aspirsi rakyat serta mengawal cita-citanya membutuhkan kekuatan prima dengan memaksimalkan  seluruh kekuatan dan sumber daya yang dimiliki. Bersama-sama Rakyat mengeluarkan tenaga seoptimalkan mungkin tanpa batas sehingga pantang merasakan rasa lelah dan capai, dengan melipat gandakan semangat.

Optimalisasi Gerakan Rakyat

Senantiasa rakyat untuk melihat fakta nyata akan kekurangan dalam hidup keseharian rakyat pada umumnya, dikarenakan kurangnya akses sumber-sumber ekonomi, dan ketidak berpihakannya pemerintah terhadap rakyat dengan berbagai alasan. Apa penyebab rakyat pada umumnya terasa sulit merasakan kesejahteraan? dan untuk memperoleh jawaban, mereka perlu memperoleh informasi dan berita objektif, dengan semakin tercerahkannya rakyat, maka rakyat secara refelektif akan bersama-sama berjuang untuk perubahannya dengan yakin.


Pendidikan dan pendampingan rakyat untuk perubahan nasib dapat mengahsilkan pencerahan dan semangat berlipat ganda akan perjuangan perubahan nasib.


Dan, salah satu penyebab tidak kunjung cepat merasakan kesejateraan bagi sebagian masyarakat adalah  terjadinya oligarki yang tak tembus pandang rakyat pada umumnya, sehingga tak merasa apa-apa, Gerakan kaum intelektual Gagasan dan pemikiran cerdas sebagai kekuatan intelektual sebagai  dasar dan basis argumentatif yag terukur,objektif dan dapat di uji kebenarannya, perlu di optimalkan yang di miliki oleh sumber daya manusia Serang Barat, yang tersebar di berbagai temapt dan lembaga, dan dapat bersinergi dengan gagasan dan pemikiran cerdas dari berbagai pihak manapun yang   memperkaya dan mempertajam. Ia senantiasa menuangkan ide gagasan dan pemikiran cerdasnya yang menghasilkan kajian akademiknya, rumusan operasional,  dan tindakan terukur.
sejatinya ruang ide, gagsan dan pemikiran kaum intelektual ini tak terbatas waktu, tempat dan tak dapat terhalang oleh apapun, karena kaum inteketual ini sudah terbiasa menuangkan pemikiran secara tertulis mapun lisan di berbagai media dan konteksnya. Dan secara akademik dapat mengahsilakn karya buku.Akan semakin memberi manfaatnya kaum intektual ini yang diarasakan oleh rakyat, manakala mereka terkordinir dengan  baik dengan difasilitasi dalam bentuk-bentuk kajian, diskusi dan seminar dan lain-lain, yang mendapatkan hasil akademik, disatu sisi memberikan nilai tambah ganda keyakinan  untuk melangkah dalam perjuangan, bagi gerakan masyarakat akan perubahan, sekaligus inspirasi membangkitkan semangat juang, dan pada sisi lain  menyiapkan naskah akademik terukur , ilmiah untuk sistem pemerinthan otonomi baru.

Secara sosilogis, kelompok civil sosity  senantiasa menjelma dalam jami’ah dan komunitas masyarakat baik secara formal maupun non formal dengan beragam bentuk sebagai faktual aktifitas yang ada di masyarakat.

Gerakan Organisasi Kemasyarakatan 

Organisasi kemasyarakatan (Ormas) merupakan bagian terbesar dalam kelompok masyarakat sipil, yang menunjukan  strukutur organisasi, baik yang berbadan hukum mapun yang tidak, dan secara inpenden. keberdaannya diluar kontrol langsung dari pemerinthan dan secara mandiri tanpa ketergantungan langsung pada pemerinthan dan juga terdapat pada kelompok profesi lainnya  yang senantiasa berpihak pada rakyat. Sehingga kelompok ini dapat di optimalkan untuk kebersamaan dalam perubahan rakyat yang lebih cepat untuk mewujudkan kesejahteraannya.

Gerakan Tokoh Masyarakat

Tokoh masyarakat, yang secara individul merupakan pemimpin non formal , tokoh agama sebagai ahli yang lebih menonjo di kalangan masyarakat, tokoh pemuda sebagai pimpinan formal maupun non di berbagai tingkatanny seabagai pimpinan kaum muda secara usia , dan tokoh –tokoh lainnya yang  yang dapat memberi pengaruh terhadap masyarakat , sebagi kelompok masyarakat secara individu , merupakan sosok kekuatan masyarakat untuk bersama-sama memperjuangan dan perbaikanyang  sosiologis bersama-sama dan tokoh pemuda dan , oleh karena itu mereka mendapatkan wadah untuk bersatu padu bergerak bersama-sama.

Gerakan Tokoh Pemuda, dan kaum melinial
Pemuda sebagai tunas harapan bangsa, agama dan masyarakat memilki kekuatan fisik dan dan semangat yang tnggi untuk harapan hidup lebih baik di masa depannya, memiliki potnesi yang perlu di berdayakan secara maksimal, karena pemuda hari , akan menjadi pemimpin dan mengambil tugas dan kewajiban di masa akan datang. Perjuangan hari ini sejatinya mempersiapakan untuk pemuda  yang kelak akan dewasa. oleh karena itu hakekatnya perjuangan itu  untuk pemuda hari ini.
Keterlibatan dan peran aktif pemuda serang barat mutlak , merekalah yang sejatinya akan memperoleh hasil perjuangan.

Gerakan Mahasiswa dan Pelajar Serang Barat

Mahasiswa merupakan kaum intelektual muda yang secara akademik sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi , mereka memiliki dasar-dasar berpikir akademik, sistimatis dan ilmiah, kekuatan intektual mereka menjadi menjadi pembeda dengan pemuda umumnya atau remaja yang tidak kuliah di perguruan tinggi. Pemikirannya objektif, murni dan ideal. Sejarah membuktikan bahwa gerkan pemuda dan Mahasiswa ini telah merubah dunia, dan menentukan suatu perjalanan masyarakat dan bangsa, seperti gerakan kemerdekaan RI, perubahan Orde Lama ke Orde Baru, dari orde Baru ke orde Reformasi. Oleh karena itu, Mahasiswa Serang barat hari ini akan memiliki sejarah, jika mengambil peran dan momentum untuk perubahan Kab.Serang ke Kab.Serang Barat. Secara kuantitatif jumlah Mahasiswa Serang Barat tersebar di berbagai Wilayah seluruh Indonesia bahkan ada yang di luar negeri, oleh karena itu saatnya mereka bersatu untuk mengambil momentum perubahan ini. Dan secara kualitataif banyak di antara mereka yang baik.

Gerakan perempuan dan mak-mak

Kaum perempuan merupakan kekuatan khusus dan istimewa, mereka memilki potensi dan kekuatan, yang dapat diberdayakan secara maksimal, peran kaum perempuan bisa berperan tunggal dan ganda sekaligus, yang tidak bisa di milki oleh kaum laki-laki. Oleh karena itu kaum perempuan secara gender memilki kesamaan dan peran yang sama. 

Oleh karena itu, perlu mewujudkan simbul dan wadah kebersamaan dalam perjuangan spereti Seperti, munculnya Pemuda Serang Barat bersatu, Ulama Serang Barat bersatu, Pengusaha Muda Serang Barat bersatu, Himpunan Mahasiswa Serang Barat, bersatu Guru Serang Barat, Guru Madrasah Diniyyah Serang Barat bersatu Buruh Serang Barat bersatu, Forum pondok pesantren Serang Barat,  dan lain-lain.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

One Response

  1. Serang barat merupakan wilayah Dimana sudah dilakukan kajian akademis kelayakan dalam pemekaran wilayah.
    Kajian akademis ini perlu di tindaklanjuti untuk action plant oleh pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mari inspirasi dunia dengan pandangan brilianmu bersama Sabdanews!