Belajar Sambil Bermain yang Menyenangkan Bagi Anak Pada Masa Pandemic Covid–19

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on tumblr

Sabdanews.net, Opini – Virus corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus corona ini bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru – paru yang berat hingga kematian. Virus ini dapat menyerang siapa saja, mulai dari lansia (golongan usia lanjut), orang dewasa, anak – anak, bayi sampai ibu hamil dan ibu menyusui.

Pada masa pandemi covid – 19 ini semua negara termasuk Indonesia menutup semua akses. Pada masa pandemi covid-19 ini hampir semua kegiatan tidak dilakukan secara luring atau bertatap muka secara langsung, melainkan melakukan semua kegiatan dengan cara daring atau menggunakan media zoom, meet, whatsApp, dan lainnya.

Anak adalah anugrah dari sang pencipta, kita sebagai orang tua harus bisa menjaga, mengasuh, mendidik anak kita dengan baik dan benar. Menurut pasal 330 KUHPerdata, anak adalah mereka yang belum mencapai umur genap 21 tahun dan belum kawin. Sedangkan menurut undang – undang, anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan.

Baca juga  Dari Sastra untuk Budaya dan Budaya untuk Sastra

Orang tua adalah pendidikan utama bagi anak. Maka dari itu kita sebagai orang tua harus bisa mendidik anak, karena anak adalah penerus bangsa. Pendidikan juga sangat penting bagi anak, selain orang tua, sekolah pun penting bagi anak.

Sekolah di masa pandemic covid -19 ini di tutup dan melakukan kegiatan belajar mengajarpun dilakukan di rumah atau daring ( dalam jaringan) oleh karena itu kita sebagai orang tua harus bisa menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak, agar belajar anak – anak kita semangat.
Ajak anak kita belajar sambil bermain, pasti anak – anak tidak bosan dengan pembelajaran saja seperti, ajak anak untuk berkreasi, belajar mewarnai, mengenal angka, mengenal huruf, mengenal benda, dan Lain sebagainya.

Baca juga  Opini WTP versus Korupsi Banten

Jika bunda – bunda di rumah mempunyai anak laki – laki yang biasanya suka bermain mobil – mobilan atau motor – motoran, bunda – bunda juga dapat mengajarkan nama mobil itu mobil apa, warnanya apa, jumlahnya berapa, fungsinya buat apa dan lainnya.

Anak – anak juga suka berekplorasi maka dari itu orang tua jangan mengekang atau menahan anak untuk berekplorasi. Anak – anak juga ada rasa ingin tahu, maka dari itu biarkan anak untuk mencoba hal – hal yang baru.

Cara belajar sambil bermain yang menyenangkan yaitu dengan :

  1. Buat suasana ruangan yang berbeda dari yang biasanya.
  2. Perbanyak interaksi dengan anak untuk memancing ide anak.
  3. Manfaatkan teknologi.
  4. Berikan perhatian kepada anak.
  5. Puji anak.
  6. Memberikan reward kepada anak sebagai apresiasi ke anak untuk lebih semangat dalam belajar.
Baca juga  Zero Alkohol Kota Bogor : Kebijakan Nyata Menuju Kota Ramah Keluarga

Belajar sambil bermain ini merupakan metode yang tepat untuk anak, dalam metode ini dapat membantu anak – anak untuk mengembangkan keterampilan linguistik, kognitif, sosial, dan emosional anak.

Jangan karena covid-19 ini bunda – bunda di rumah hanya berdiam dan mengandalakan dari sekolah yah bun, bunda – bunda juga sebagai pendidik dan pendidikan utama bagi anak, dan wajib mengajarkan kepada anak, karena anak kita adalah generasi penerus kita.

Oleh:

Risalatul Muawanah

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mari inspirasi dunia dengan pandangan brilianmu bersama Sabdanews!