Keren! Mahasiswa UNIBA Raih Juara Kompetisi Debat Nasional

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on tumblr

Sabdanew.net, Serang Raya – Tim Santoryu FISIP Universitas Bina Bangsa berhasil memenangkan juara 3 dalam ajang Debat Nasional Administasi Publik Scientific Fair (ASF) 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang – Banten, 25 – 26 November 2022.

Tim Santoryu yang beranggotakan Bintang Ramadhan, Topo, dan Rika Rosita berhasil menyisihkan lawan mainnya hingga ke babak final. Sementara Juara 1 diraih oleh Tim Mama Pride dari Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung, dan juara 2 diraih oleh Tim Penal B Mataram dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga – Yogyakarta.

Dengan tema Inovasi dan kreativitas Gen Z dalam Menuju Indonesia Emas di Era Society 5.0, Lomba Debat Nasional ASF 2022 diikuti oleh beberapa universitas se-Indonesia, diantaranya Universitas Bina Bangsa (UNIBA), Universitas Padjajaran (UNPAD), UIN Sunan Kalijaga, Universitas Jambi (UNJA), Politeknik Ujung Panjang, Politeknik Ahli Usaha Perikanan dan Universitas Sultan Agung Tirtaya (UNTIRTA).

Baca juga  Dikunjungi Komisi III DPR RI, Kejati Banten “Curhat” Kendala di Banten

Ketua Tim, Bintang memaparkan bahwa dalam proses kompetisi debat menggunakan suatu taktik yang direncanakan dengan matang, ketiga pembicara dalam ajang debat perlu memahami alur kerja tim karena pembicara ke 1 (satu), 2 (dua) dan 3 (tiga) memerankan perannya masing-masing.

“Jadi, strategi sangat dibutuhkan dalam pembagian peran masing – masing pembicara, sehingga pembicara memiliki porsi yang sesuai sasaran”, lanjut Bintang, ketika diwawancarai setelah pengumuman juara Lomba Debat Nasional ASF 2022.

“Pemaparan materi, intonasi dan gaya pembicara perlu dimainkan untuk menyerang lawan, dengan capaian kami sebagai debut pertama mahasiswa ilmu komunikasi semester 1 akan menjadi semangat untuk mengikuti kompetisi lainya”, ujar Topo, sebagai pembicara 2 dalam Tim Santoryu.

Baca juga  Peringati IWD, Aliansi Perempuan Banten Gelar Aksi Damai dan Teatrikal

Sementara menurut Rika Rosita, pembicara 3 Tim Santoryu, mengatakan bahwa kememangan tersebut harus menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya.

“Kita harus terstimulasi dengan semangat kebaharuan mahasiswa UNIBA dengan terus mengikuti kompetisi lainnya”. imbuhnya.

Dalam euphoria kemenangan selepas acara puncak, April Laksana selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi sangat mendukung segala kegiatan mahasiswanya dengan mengikuti lomba-lomba sebagai wadah penyaluran minat bakal mahasiswa.

“Prodi Ilmu Komunikasi akan terus mendukung dan mendorong mahasiswa untuk bisa mengikuti lomba apapun untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dalam kompetensi yang dimiliki mahasiswa sesuai bakat dan minat belajarnya” Ucap Kaprodi Ilmu Komunikasi, April Laksana.

Baca juga  Pegiat SAHID Soroti Kerjasama Impor Sampah Tangsel

Plt. Dekan FISIP UNIBA, Hj. Sulkiah Hendrawati dengan bangga memberikan apresiasi kepada seluruh partisipan lomba hingga pemenang.

“Dengan kemenangan mahasiswa ini sebagai debut pertama dalam keberhasilannya dalam meraih juara bersanding dengan kampus ternama UNPAD dan UIN Sunan Kalijaga, membuktikan bahwa UNIBA memiliki mahasiswa dan standar yang berkompeten”, tambahnya.

“Universitas menjadi fasilitas yang tepat bagi mahasiswa, prestasi yang mereka buat menjadi nilai tambah bagi mahasiswa, Sebab itu kita perlu melampirkan prestasi tersebut di dalam SKPI (Surat Keterang Pendamping Ijasah) agar kedepannya prestasi mereka tercatat dan dihargai” Ucap Rektor UNIBA Furtsahan Ali Yusuf.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mari inspirasi dunia dengan pandangan brilianmu bersama Sabdanews!